Gatal Selangkangan Diobati dengan Krim Bethamethasone?

ANDA BERTANYA, APOTEKER MENJAWAB

Diasuh oleh para Apoteker Dosen Fakultas Farmasi Unand

Gatal Selangkangan Diobati dengan Krim Bethamethasone?

Pertanyaan:

Maaf sebelumnya. Baru saya lihat blog anda di internet. Dari itu saya mau tanya obat gatal di selangkangan disertai kulit memerah dan meluas membentuk bulat seperti pulau yang kadang muncul sampai 3 mingguan sudah diolesi salap Bethamethason tapi tidak ada perubahan. Mohon solusinya obat apa untuk menyembuhkannya? Khamid 23 tahun Karawang. O89615818XXX.

Jawaban:

Saudara Khamid di Karawang dari pertanyaan di atas tampaknya anda mengalami infeksi jamur. Namun tidak tertutup kemungkinan anda mengalami penyakit yang lain. Untuk itu pemeriksaan oleh pakar yang sesuai perlu dilakukan. Jangan mencoba-coba dalam pengobatan. Kami tidak tahu apakah pemakaian krim bethamethasone yang anda lakukan berdasarkan resep dokter atau tidak. Bila memang benar, maka nasehat apoteker tetap diperlukan. Cukup banyak terjadi kegagalan pengobatan yang disebabkan oleh kesalahan atau ketidakpatuhan pasien dalam menggunakan obat, walaupun diagnosa dan obatnya sudah tepat. Kegagalan pengobatan masih saja dapat terjadi karena penentuan penyakit yang tidak tepat atau peresepan yang tidak rasional.

Bethamethasone adalah suatu senyawaan obat golongan hormon kortikosteroid. Berdasarkan keamanannya, obat-obat golongan steroid termasuk obat keras. Dengan demikian, krim bethamethasone hanya dapat dibeli dengan resep dokter dan atau atas nasehat apoteker. Pada pemakaian topikal (permukaan kulit) berkhasiat sebagai antiradang, antialergi dan menghilangkan gatal. Obat ini tidak berkhasiat sama sekali untuk pengobatan infeksi oleh kuman baik jamur maupun bakteri. Ia hanya menghilangkan rasa gatal. Obat ini tidak boleh digunakan untuk berbagai keadaan infeksi seperti herpes, jamur, dan lain-lain. Ia justeru dapat menyebabkan pertumbuhan kuman tertentu semakin subur sehingga menyebabkan penyakit menjadi semakin parah. Pada kasus anda, bila memang penyebabnya adalah infeksi jamur maka pengobatan bukan saja sia-sia, tetapi juga justeru mempercepat tumbuhnya jamur. Ibaratnya anda memberi pupuk pada rumput ilalang. Rumput jenis ini sangat sukar memberantasnya. Nah bagaimana pula bila anda justeru memberinya pupuk? Di samping itu bethamethasone dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Pengobatan steroid dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Keadaan ini dapat menyebabkan seseorang mudah kena infeksi dan dapat memperburuk penyakit infeksi yang sudah ada.

Infeksi jamur disebabkan oleh satu atau lebih jamur kulit yang disebut Epidermophyton, Trichophyton, Microsporum, dan lain-lain. Pengobatannya tentu saja harus disesuaikan dengan jenis jamur penyebabnya.  Penyebab infeksi jamur bisa saja tunggal atau campuran atau juga bisa terinfeksi sekaligus oleh bakteri. Gejala dan pengobatannya tentu saja bisa berbeda. Di samping itu takaran dan lama pemakaian obat yang sama akan berbeda pula untuk bagian tubuh yang terinfeksi. Infeksi jamur kulit kerap diderita oleh masyarakat yang tinggal di negara dengan kelembaban tinggi seperti Indonesia.  Keadaan ini memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan jamur yang cepat.

Jamur mudah tumbuh dan berkembang pada bagian kulit yang lembab dan tertutup misalnya, selangkangan, sekitar pelepasan, di lipatan bokong, lipatan paha, daerah bawah perut, kelamin luar, sela jemari kaki, di bawah lipatan payudara, dan ketiak. Namun demikian infeksi jamur dapat saja menyerang kulit pada bagian tubuh lain.  Kemungkinan infeksi jamur lebih besar lagi bagi mereka yang bekerja banyak berhubungan dengan air.

Untuk dapat mengetahui pengobatan yang tepat tidak bisa hanya melalui tanya jawab ini saja. Perlu pemeriksaan lebih lanjut agar penyebab penyakit dapat dipastikan. Setelah diagnosa dapat dinyatakan dengan benar, maka baru bisa ditentukan apa obatnya. Apabila memang jamur penyebabnya, maka takaran dan cara penggunaan, serta lama penggunaan obatnya harus tepat.

Saudara Khamid, bila memang anda mengalami infeksi jamur, maka pemakaian krim bethamethasone tidak tepat sama sekali. Obat ini tidak hanya tidak berkhasiat untuk membunuh jamur, tetapi juga menyebabkan jamur lebih cepat tumbuh subur di samping adanya beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Dari segi biaya, tindakan coba-coba ini hanya akan menghabiskan biaya besar yang sia-sia. Jangan coba-coba dalam pengobatan. Bila ingin penjelasan lebih jauh, anda bisa membaca rubrik Anda Bertanya Apoteker Menjawab (ABAM) pada laman web Fakultas Farmasi Unand pada kolom berita pada judul yang terkait infeksi jamur.

Bagi anda yang ingin menanyakan segala sesuatu tentang obat, makanan, NARKOBA dan kosmetik dapat menghubungi kami melalui SMS di nomor 082388287373. Pertanyaan dengan dilengkapi nama dan alamat ditujukan kepada Apoteker. Pertanyaan akan dijawab melalui Harian Singgalang, dan kemudian diunggah di laman web Fakultas Farmasi Unand. Sehubungan banyaknya pertanyaan yang masuk harap bersabar. Syarat dan ketentuan berlaku. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Dr. Muslim Suardi, MSi., Apt.

Read 54 times