Steroid Menyebabkan Pipi Tembem?

ANDA BERTANYA, APOTEKER MENJAWAB

Diasuh oleh para Apoteker Dosen Fakultas Farmasi Unand

Steroid Menyebabkan Pipi Tembem?

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Saya Elsi 21. Cenderung kurus padahal makan selalu banyak. Tapi pipi saya agak tembem. Lalu saya mengkonsumsi salah satu obat yang mengandung kortikosteroid. Alhasil badan saya hanya sedikit bertambah tapi parahnya pipi saya tambah tembem. Yang ingin saya tanyakan . 1. Apakah ada kelainan pada tubuh saya, hingga susah untuk menambah berat badan?  2. Bagaimana cara menyembuhkan pipi dari moonface akibat obat tersebut? Terima kasih. 087743601XXX.

Jawaban:

Saudari Elsi, bila zat makanan yang masuk ke dalam tubuh kita cukup dan seimbang serta pemanfaatannya sesuai  maka kemungkinan besar bobot badan akan ideal.  Bila badan tetap kurus sedangkan makan selalu banyak berarti mungkin ada masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Aktifitas fisik yang berlebih akan mengurangi simpanan lemak di bawah kulit. Makan banyak belum tentu bergizi. Bila makanan tidak seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral maka metabolisme dalam tubuh dapat saja terganggu demikian juga dengan penyerapan zat gizi di dalam saluran cerna.

Mengingat gaya hidup masyarakat kita, maka justeru keadaan kelebihan bobot badanlah yang perlu mendapat perhatian. Anda sebetulnya cukup berbahagia dengan bobot badan sekarang, kecuali memang sangat kurus. Sayang anda tidak menyampaikan data bobot, dan tinggi badan. Dari data tersebut kita bisa menghitung apakah bobot badan termasuk sangat kurus, atau tidak. Penyerapan zat gizi dalam saluran cerna dapat juga disebabkan oleh adanya parasit. Berbagai jenis cacing yang ada di dalam saluran cerna dapat mengurangi asupan zat gizi ke dalam darah. Keadaan ini tentu saja dapat menyebabkan penurunan bobot badan, apalagi bila telah berlangsung lama. Tergantung jenis dan lokasi, sekitar 60-90% masyarakat Indonesia terkena invasi cacing saluran cerna.

Beberapa jenis penyakit berhubungan dengan bobot badan yang kurang. Sebagian penurunan bobot badan terjadi secara mendadak. Keadaan ini dapat dikenali dengan mudah, tinggal kita memastikan apa penyakitnya. Kenapa badan tetap kurus sudah dijelaskan dalam ABAM sebelumnya. Silahkan mengunduh laman web Fakultas Farmasi Unand.

Pipi tembem memang bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat-obat jenis steroid. Hal ini disebabkan terjadinya penahanan natrium di dalam tubuh. Mineral yang satu ini dapat mengikat molekul air dalam jumlah cukup banyak. Nah keadaan inilah yang menyebabkan pipi menjadi tembem. Gejala ini disebut sebagai moon face. Akibat tesebut merupakan efek samping steroid. Hal tersebut juga yang menyebabkan orang lebih gemuk atau terlihat lebih gemuk. Sebetulnya bukan karena lemak di bawah kulit tetapi lebih karena tertahannya air di dalam tubuh. Di samping itu adanya kemungkinan peningkatan nafsu makan tidak dapat diabaikan. Produksi protein di dalam tubuh dapat pula meningkat pada penggunaan steroid tertentu.

Efek samping obat “dewa”  ini tidak hanya penahanan air, tetapi banyak yang lain. Osteoporosis atau kerapuhan tulang, gangguan fungsi ginjal dan lain-lain sering terjadi. Steroid dapat menyebabkan penyakit tertentu justru semakin susah diobati atau bahkan semakin parah. Pada pria bisa menyebabkan penurunan produksi sperma. Gangguan saluran cerna hingga terjadinya tukak lambung, tercetusnya penyakit gula darah bagi orang tertentu, tekanan darah tinggi, penyakit mata, semakin bertambahnya gangguan fungsi jantung, dan gangguan kulit merupakan efek samping yang dapat muncul pada sebagian orang. Obat golongan steorid ini juga dapat menyebabkan mudahnya terjadi infeksi.

Amat disayangkan entah darimana asalnya, masyarakat cukup banyak yang menggunakan steroid untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan bobot badan. Kalangan binaragawan ada pula yang mencari jalan pintas mengkonsumsi steroid demi mendapatkan bobot dan postur tubuh yang bagus dengan cara instan. Bahkan ada tenaga kesehatan yang menggunakan sendiri dan atau menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan steroid ini untuk tujuan tersebut.  Peningkatan nafsu makan karena mengkonsumsi steroid adalah merupakan efek samping. Akibat samping peningkatan nafsu makan tidak ada maknanya dibandingkan efek samping lain yang lebih berbahaya. Artinya resiko yang ditimbulkan lebih besar dari pada manfaat yang akan diperoleh. Akibat jelek steroid ini sudah dibahas dalam Artikel Anda Bertanya Apoteker Menjawab (ABAM) sebelumnya di harian Singgalang dan sudah diunggah dalam laman web Fakultas Farmasi Unand pada kolom berita.

Pipi tembem karena penggunaan steroid dapat berkurang bila telah menghentikan obat yang tidak dapat digunakan sembarangan tersebut. Seseorang mungkin saja terlihat agak tembem, yang justeru diinginkan oleh sebagian orang. Kalau memang anda sudah memiliki pipi yang agak tembem berusahalah percaya diri dan bangga dengan penampilan anda. Bila bobot badan anda bertambah secara normal dan atau alami maka pipi yang agak tembem akan sebanding dan dengan tubuh yang tidak kurus dan agak gemuk namun dalam batas ideal. Keadaan ini tentu saja akan menambah kecantikan anda.

Saudari Elsi, bila memang makanan yang dikonsumsi sudah cukup bergizi dan seimbang dan tubuh anda tetap kurus, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan pakar yang sesuai. Hindari penggunaan obat-obat keras termasuk obat-obat steroid tanpa nasehat pakar. Makanlah makanan yang cukup gizi dan seimbang. Lakukanlah olah raga yang teratur dan cukup istirahat. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin menanyakan segala sesuatu tentang obat, makanan, NARKOBA dan kosmetik dapat menghubungi kami melalui SMS di nomor 082388287373. Pertanyaan dengan dilengkapi nama dan alamat ditujukan kepada Apoteker. Pertanyaan akan dijawab melalui Harian Singgalang, dan kemudian diunggah di laman web Fakultas Farmasi Unand. Sehubungan banyaknya pertanyaan yang masuk harap bersabar. Syarat dan ketentuan berlaku. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Dr. Muslim Suardi, MSi., Apt.

Read 462 times