Workshop Metode Assesment Fakultas Farmasi Universitas Andalas

21 September 2019

Padang (Hotel Pangeran Beach) Workshop ini diadakan dalam rangka peningkatan proses pembelajaran di program studi Sarjana Farmasi Universitas Andalas. Workshop metode assesment  dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Prof. Dr. Fatma Sri Wahyuni, Apt. dan turut mengundang dua orang narasumber, Dr. Yosef Wijoyo, M.Si., Apt. dari Universitas Sanata Dharma dan dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Pada sesi pertama Dr. Yosef Wijoyo, M.SI, Apt memaparkan materi mengenai metode assesment yang terdiri dari beberapa point utama, yaitu; penataan mata kuliah, cara mengaktifkan mahasiswa, desain pembelajaran, yang bertujuan  untuk tercapainya learning outcome mahasiswa agar mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan dibidang kefarmasian secara profesional dan bertanggungjawab untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Beliau juga menjelaskan karakteritik penilaian berbasis kompetensi serta kesesuain penilaian dengan CPMK dengan soal UTS / UAS.

Sesi kedua materi workshop di bawakan oleh dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD dengan topik Penilaian Rubrik, beliau menjelaskan "Rubrik Penilaian merupakan panduan asesmen yang menggambarkan kriteria yang digunakan dosen dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil pekerjaan mahasiswa yang memuat daftar karakteristik kemampuan yang diinginkan dari suatu unjuk kerja mahasiswa disertai dengan panduan untuk mengevaluasi masing-masing karakteristik tersebut". Setelah penyampaian materi diadakan pelatihan penulisan asesmen rubrik perunit bidang ilmu (UBI), Perwakilan masing-masing UBI menjelaskan hasil penyusunan rubrik yang mana nantinya akan diamati bersama kekurangan dan kelebihannya agar bisa dijadikan pedoman penilian di Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

Read 160 times Last modified on Selasa, 24 September 2019 18:32