Workshop Systematic Review and Meta Analysis

26 Oktober 2019

Padang (26 - 27 Oktober 2019, Fakultas Farmasi UNAND) Program studi Magister Farmasi mengadakan Workshop Systematic Review and Meta Analysis dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam bidang analisis pengumpulan data dari artikel dan jurnal ilmiah sesuai dengan kebutuhan. acara ini dihadiri oleh dosen fakultas farmasi, mahasiswa magister farmasi, mahasiswa program doktor farmasi Universitas Andalas, serta dosen dari luar fakultas farmasi.

Turut mengundang Didik Setiawan, Ph.D., Apt, Head of Center for Health Economics Studies Muhammadiyah University, Purwokerto sebagai narasumber workshop dengan materi workshop terdiri dari 1. PICO yang efisien (Synonim, Thesaurus, Boolean Logic, Kriteria Inklusi - Eklusi), 2. Trick Serching artikel secara sensitif dan efisien, 3. Optimasi Mandeley dan Exel untuk mengatasi duplikasi, melakukan skrining judul dan abstrak, 4. Data Extraction standar international , 5. Pevaluasi Risiko Bias dari artikel publikasi menurut Cochrane Library, 6. Meta analysis menggunakan RevMan 5.3 untuk Sensitivity Analysis, heterogenity tes pada meta analysis.

workshop dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultaas Farmasi UNAND Prof. Dr. Erizal Zaini, Apt, Workshop dilaksanakan selama 2 hari sabtu dan minggu 26-27 Oktober 2019 yang mana masing- masing sesinya di bagi berdasarkan beberapa subjek  praktikal. Pada hari pertama sesi pertama diadakan penegenalan mengenai Evidance Based Medicine dan Systematik review & Meta Analysis, dilanjutkan dengan Pratical step (1) Developing answerable clinical question cara mengidentifikasi PICO, expansi keyword dan cara menggunakan boolean logic, pada practical steps (2) Serach the Database dijelaskan cara finalisasi cara pencarian, cara mengimport hasil ke Mendeley dan membuang hasil pencarian yang sama, dilanjutkan dengan sesi terakhir pada hari pertama yaitu Practical Steps (3) Screen the Evidance mengenai Screening Evidance menggunakan Mendeley dan cara menyimpan hasil menggunakan mendelay dan Microsoft Exel.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan Practical Steps (4) extract information disini dijelaskan cara memeahami guidline seperti PRISMA, CHEERS dan lainnya, Practical Step (5) Risk of Bias Assessment dan Practical Steps terakhir yang ke (6) Mengenai Meta Analysis yang dimulai dengan pengenalan secara rinci tentang apa itu meta analysis, cara penggunaan RevMan dari Cochrane Library, cara melakukan test heterogeneity dan analisa sensitiv, serta cara mempresentasikan hasil dari meta analysis.

 

Read 103 times