05 Oktober 2018

Dalam rangka untuk melengkapi salah satu syarat melamar pekerjaan, maka kami lampirkan Legalisir SK dan Sertifikat Akreditass yang ada di fakultas farmasi Universitas andalas.

 

Silakan unduh berkas melalui tautan berikut : 

- SK dan Sertifikat Akreditasi FFarmasi UNAND 

 

Catatan : "Berkas / File Akreditasi ini hanya di gunakan untuk keperluan upload bahan (softcopy), untuk keperluan pengiriman bahan cetak (hardcopy) sertifikat tetap harus dilegalisir ke Fakultas"

10 September 2018

Padang (Grand Zuri) – Workshop refresment pembuatan soal UKAI dan rapat Prodi Apoteker dalam rangka evaluasi pembelajaran metode ujian akhir Apoteker , Padang 8-9 September 2018, Grand Zuri Hotel, Alang Lawas, Padang.

Workshop dibuka oleh ketua program studi profesi apoteker UNAND, Deni Noviza, M.Si., Apt. Pada hari pertama sebelum workshop, dimulai diadakan rapat mengenai metode ujian akhir apoteker, evaluasi pembelajaran, dan evaluasi UKAI CBT. Pada rapat ini beliau "menyampaikan mengenai tinggkat kelulusan mahasiswa Prodi Apoteker Fakultas Farmasi Unand yang masih belum mencapai target yang diinginkan, dan Metode pembelajaran yang belum sesuai dengan soal ujian UKAI", Para dosen diharapkan memberikan ide dan kontribusinya mengenai hal tersebut mulai dari perubahan pola pengajaran, praktikum, dan seminar.

Pada tahap selanjutnya diadakan Workshop refresment mengenai cara-cara pembuatan soal ujian UKAI yang sesuai dengan standar penulisan soal ujian UKAI, workshop kali ini juga mengundang narasumber dan evaluator Dr. Ika Puspitasari, M.Si., Apt ketua Program Studi Profesi Apoteker Universitas Gadjah Mada beserta Dr. Teuku Nanda Saifullah Sulaiman, M.Si., Apt. Sekretaris Program Studi Profesi Apoteker Universitas Gadjah Mada. Pada hari pertama kedua narasumber memberikan penjelasan mengenai tatacara penulisan soal yang benar, Mulai dari tinggkat kesulitan soal, Kelayakan Soal, dan cara penulisan jawab pada pilihan ganda.

Para staff dosen yang hadir diperlihatkan sebuah contoh soal yang mana soal tersebut akan direview dan dijelaskan kesalahannya dan bagai mana soal itu seharusnya dibuat. Narasumber meminta staff dosen yang hadir membuat beberapa soal yang mana soal tersebut akan direview kelayakannya padahari terakhir workshop.

03 September 2018

Padang (Unand) – Pertemuan antara Pimpinan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Dengan orangtua/wali mahasiswa baru program studi Sarjana Farmasi angkatan 2018/2019, Sabtu (1/09/2018) di Aulta Lantai 2 gedung Fakultas Farmasi Universitas Andalas Limau Manis Padang.

Forum ini bertujuan sabagai sarana silaturahmi dan diskusi antara pimpinan Fakultas Farmasi bersama orangtua mahasiswa, pada tahap awal dilakukan pengenalan portal kepada para orangtua, masing-masing orang tua diberikan akun portal yang berguna untuk melihat kegiatan anak mereka selama melakukan perkuliahan, pada portal tersebut orangtua bisa melihat kartu rencana studi (KRS), kartuhasil studi(KHS), Serta Pembayaran uang semester yang dilakukan oleh mahasiswa.

Orangtua mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan masalah mereka kepada pimpinan fakultas, diantaranya mengenai jadwal kuliah yang bentrok, perbedaan UKT yang didapatkan oleh orangtua mahasiswa, dan masa orientasi mahasiswa baru yang masihber lansung sampai sekarang.

Ketua Program Studi Sarjana Farmasi, ibu Lili Fitriani, S.Si, M.Pharm, Apt memberikan jawaban mengenai masalah yang dipertanyakan oleh para orangtua, "mengenai jadwal kuliah yang bentrok memang sering terjadi diawal perkuliahan karena padatnya jadwal yang dimiliki oleh universitas dan keterbatasan gedung yang dimiliki oleh universitas tetapi kami sudah menyusun ulang jadwal agar tidak adalagi bentrok antara jadwal kuliah satu dengan yang lainnya ujarnya".

Pertanyan mengenai UKT dan pembiayaan dijawab lansung oleh wakil Dekan II Dr. Erizal Zaini, S.Si, M.Si, Apt yang menangani urusan keuangan beliau menjelaskan "sistem pembagian UKT dihitung berdasarkan besaran gaji, jumlah tanggungan, aset yang dimiliki oleh orang tua mahasiswa, dan lainya, jadi setiap level UKT yang diterima orang tua sudah melalui pertimbangan dan perhitungan yang dilakukan oleh program tetapi jika orangtua keberatan dengan UKT yang mereka Peroleh beliau juga menyarankan paraorangtua melaporkan mengnai masalah tersebut".

Mengenai masaorientasi mahasiswa yang lama dekan fakulktas Farmasi Prof. Dr. Fatma Sri Wahyuni, S.Si, Apt. menjelaskan "bahwa masa orienttasi mahasiswa baru dilingkungan fakultas farmasi UNAND hanya berlansung selama 3 hari danselama orientasi dosen-dosen juga melakukan pengawasan untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan, mengenai masa orientasi mahasiswa yang lebih dari masi yang ditentukan fakultas akan melakukan penyelidikan, jika ditemukan pelanggaran maka akan dilakukan penindakan secara tegas dan diberikan sanksi yang berlaku di Fakultas Farmasi Universitas Andalas"

Setelah mendengan penjelasan dari pihak Fakultas para orang tua juga menyampaikan rasa terimakasih mereka atas diselenggarakannya forum pertemuan ini, mereka mengapresiasi kegiatan ini dan menyarankan agar pertemuan ini dijadikan agenda tahunan demi miningkatkan keterbukaan informasi dan meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Andalas.