12 Mei 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Angkatan I Tahun 2022/2023

JADWAL Pendaftaran

      Alumni dari S-1 Farmasi Unand

  1. Jadwal Registrasi Online : 4 Juli – 5 Agustus 2022 (batas upload berkas jam 16.00)
  2. Ujian CBT (offline) : 9 – 10 Agustus 2022 (Jam 08.00 WIB – selesai)

      Alumni dari luar Unand

  1. Jadwal Registrasi Online : 4 – 27 Juli 2022 (batas upload berkas jam 16.00)
  2. Ujian Wawancara (offline) : 2 – 3 Agustus 2022
  3. Ujian CBT (offline) : 9 – 10 Agustus 2022 (Jam 08.00 WIB – selesai)

 

  • Pengumuman Hasil Tes pada tanggal 12 Agustus 2022
  • Pendaftaran Ulang & Pengisian KRS bagi yang lulus pada tanggal 15 – 19 Agustus 2022
  • Orientasi mahasiswa baru Apoteker Angkatan I Tahun 2022 pada tanggal 16 Agustus 2022
  • Kuliah Perdana akan mulai tanggal 22 Agustus 2022

 

 

 

Untuk informasi Selengkapnya silakan lihat tautan berikut

25 Maret 2022

Padang 24 -25 Maret 2022, Fakultas Farmasi Universitas Andalas Mengadakan kegiatan dengan praktisi industri dr Kimia Farma.

Diawali dengan pemaparan hasil riset oleh Bapak/Ibu dosen Fakultas Farmasi Unand di depan Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis Kimia Farma, ibu Jasmine Karsono, Ph.D.
Dilanjutkan dengan kuliah umum siangnya yg dihadiri scr offline oleh mahasiswa apoteker dan mhsw s1 tingkat akhir. Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D. Mengucapkan Terimakasih Kepada ibu Jasmine beserta staf dari Kimia Farma, yang sudah berbagi ilmu dan pengalaman yang luar biasa kepada civitas akademika Universitas Andalas.

Pada hari kedua diadakan Penandatangan MoU antara Pt. Kimia Farma Tbk dan Unand, yang turut dihadiri Dirut Kimia Farma, Bapak Verdi Budidarmo, juga Bapak Andi Prazos (Direktur Produksi dan Supply Chain) dan Bapak Ganti Winarno Putro (GM Corporate Secretary), bersama dengan Ibu Jasmine, Ibu Tia, Ibu Ratna dan Ibu Yanita, beserta Rektor didamping Wakil Rektor 4.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan kunjungan ke fasilitas penelitian, pada akhir acara juga dilakukan pameran produk – produk  inovasi hasil riset dosen unand, seperti pangan fungsional, obat herbal, dan alat alat kesehatan yang dipandu oleh ketua LPPM Unand Dr. Ing. Uyung Gatot S.Dinata, MT dan Ketua Science Techno Park Universitas Andalas (STP Unand) Dr. Eka Candra Lina, SP, M.i. Acara MoU dan pameran produk riset ini juga dihadiri Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis. PT. Kimia Farma Jasmine Karsono, Ph.D., Ahli Utama 1 Corporate University Hendra Farma Johar, Ahli Utama 1 Divisi Pengembangan Bisnis Tia Mutianingsih, Manager New Product Development Ratna Saptarina, Wakil Rektor IV Unand, Dekan Farmasi Unand, dan unsur pimpinan Unand.

Dekan Fakultas Farmasi berharap semoga Unand dan Kimia Farma bersinergi untuk kedjayaan bangsa, serta akan ada hulunisasi dan atau hilirisasi riset antara Unand dan Kimia Farma imbuhnya.

22 Maret 2022

Padang (Unand) - Sebanyak 75 Apoteker baru Fakultas Farmasi Universitas Andalas mengikuti sidang pengambilan sumpah/janji Apoteker Angkatan II tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang pada Selasa (22/3).

Pengambilan sumpah ini diambil langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D mewakili Komite Farmasi Nasional (KFN) didampingi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia diwakili oleh apt. Noffendri, S.Si 

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin, MS mengungkapkan kepada apoteker baru untuk berbangga menjadi alumni farmasi dan apoteker Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

Ia yakin input yang masuk Fakultas Farmasi sangat baik, dengan berbagai jalur masuknya diantaranya SNMPTN, SBMPTN maupun Mandiri. “Sebab ketika SNMPTN kemarin farmasi menjadi fakultas dengan peminatnya paling tinggi di Universitas Andalas diikuti Fakultas Kedokteran pada urutan kedua,” ujarnya.  

Menurutnya kalau mutu input sudah baik maka proses tidak akan sulit, disamping itu dosennya juga sudah berkualitas yang terdiri dari Doktor dan Professor.

“Sehingga capaian ranah keilmuan, penguasaan keilmuan atau kognitif dan ketrampilan terutama dari psikomotorik yang dipraktekkan sehari-hari kualitanya sangat baik termasuk dari etika profesi,” ungkap Prof. Mansyurdin.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada lulusan yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja dan masyarakat, yang sudah pasti iklimnya jauh berbeda dengan iklim kampus. Oleh karena itu, dengan bekal pengetahuan dan psikomotorik ia tidak ragu melepas alumni.

Disamping itu, ia menekankan didalam masyarakat yang perlu dijaga yakni sikap atau softskill bagaimana berteamwork baik sesama maupun terhadap atasan, serta juga berkoordinasi. 

Selain itu, hal tersebut juga penting bagi kampus dalam memasuki World Class University (WCU) karena akan dinilai, diukur terutama bagi pengguna lulusan terkait kualitasnya.

Makanya disampaikan Prof. Mansyurdin pendidikan sekarang tidak hanya berorietasi output namun juga berorientasi impact.

Fakultas farmasi juga didorong untuk akrediatasi internasional melalui ASIIN, karena sebelumnya Farmasi juga sudah terakreditasi internasional ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN QA).

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D mengemukan kepada apoteker baru untuk terus memainkan perannya sebaik mungkin dan tunjukkan apoteker adalah profesi yang memang pantas untuk dibanggakan.

Dekan juga menekankan agar lulusan apoteker dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan semua ilmu yang sudah diperoleh untuk berkontribusi dalam pembangunan kesehatan dan ilmu kefarmasian.(*)

 

Sumber