16 Maret 2024

Program Studi Sarjana Farmasi pada Sabtu 16 Maret 2024 telah melaksanakan Kuliah Pembekalan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Laboratorium untuk mahasiswa angkatan 2021, 2022 dan 2023 yang akan mengikuti praktikum pada semester Genap tahun ajaran 2023/2024. Kuliah pembekalan kesehatan keselamatan kerja ini dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang prosedur K3 yang tepat agar risiko-risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di laboratorium dapat dihindari.

Pada kesempatan ini, materi K3 disampaikan oleh Ibu Sri Mulya, M.Kom dari Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas yang memiliki sertifikat kompetensi K3 Laboratorium dari BNSP. Dalam penyampaiannya, narasumber menyampaikan dengan sangat jelas terkait hal-hal yang perlu disiapkan dan dipahami, diterapkan dan juga dihindari oleh mahasiswa selama bekerja di laboratorium.

Materi diawali dengan penjelasan fungsi laboratorium, kategori peralatan di laboratorium (peralatan kategori 1: alat gelas di labor, kategori 2: instrument sederhana, kategori 3: instrument yang memerlukan keahlian khusus) dan dilanjutkan dengan penjelasan prinsip dasar keselamatan kerja di laboratorium (RAMP), bahaya dan risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan di laboratorium  (bahaya mekanik, bahaya fisik, bahaya kimia dan bahaya biologi), alat pelidung diri dan alat keselamatan di laboratorium serta tindakan pencegahan dan penanggulangan kecelakaan kerja di laboratorium. Di akhir pemaparannya narasumber juga  menayangkan video penerapan K3 di laboratorium, mulai dari persiapan masuk labor, cara bekerja yang aman di labor termasuk cara penggunaan alat pelindung diri di laboratorium, cara penggunaan eye wash, shower, APAR dan tindakan menyelamatkan diri dari bencana alam (gempa) yang mungkin terjadi selama praktikum.

Setelah kegiatan ini diharapkan mahasiswa sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup sehingga dapat melaksanakan praktikum dengan baik tanpa melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan yang dapat merugikan diri mahasiwa dan orang lain.

02 Maret 2024

Padang, 2 Maret 2024 Aula Fakutlas Farmasi Lt. 2 - Acara dibuka oleh wakil dekan I, Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si, pada pembukaan beliau menjelaskan tatacara perkuliahn dan aturan yang berlaku selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Profesi Apoteker. Beliau juga berpesan agar mahasiswa menjalankan perkuliahan dengan disiplin sehinnga kebiasaan tersebut terbawa sampai kedunia kerja nantinya.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan kaprodi Apoteker, ibu apt. Dita Permatasari, M.Farm. pada dikusi kaloi ini mahasiswa menyampaikan mengenai sarana dan prasara yang digunakan saat perkuliahan, seperti proyektor, meja dan kursi yang digunakan saat perkuliahan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber bapak apt. Khairil Armal, S.Si, Sp.FRS. beliau menjabat sebagai kepala instalasi Rs. Otak Dr. Drs. M.Hatta Bukittinggi yang merupakan alumni Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Beliau menyampikan materi mengenai “Peranan dan Tanggung Jawab Apoteker dibidang Pelayanan Kefarmasian”, dan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Materi kedua disampaikan oleh bapak. Apt. Mukharij Nur Alam, S.Farm, yang merupakan Head of quality qontrol Pt. Kimia Farmas Tbk. Plant Jakarta, beliau menyampaikan materi yang berhubungan dengan Pengenalan Peranan dan Tanggung Jawab dibidang Industri Farmasi. Pada sesi ini di putarkan video interaktif, cara – cara produksi di bidang industri farmasi, yang di mulai dari proses pemilihan bahan baku, distribusi bahan baku, pemrosesan bahan baku, quality control sampai menjadi sebuah produk yang siap di distribusikan.

Acara diakhiri dengan sesi Tanya jawab, diskusi, dan foto bersama antara narasumber dan peserta yang hadir.

 

 

24 Februari 2024

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Civitas Akademika Fakultas farmasi Universitas Andalas dan Fakultas Farmasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sebagai wujud Impelementasi Perjanjian Kerjasama (PKS) Fakultas Farmasi Universitas Andalas dan fakultas Farmasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, pada tanggal 24 Februari 2024 dilakukan Pengadabdian Kepada Masyarakat Bersama di daerah Sungai Nyalo Mudia Aia Kawasan Mandeh Pesisir Selatan.

Pengabdian ini dihadiri oleh civitas akademika ke kedua kampus , perangkat pemerintahan , tokoh masyarakat serta warga Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia. Manajer bidang 2 Fakultas Farmasi, Dr. apt. Suryati MSc menyampaikan dalam sambutan, kegiatan ini merupakan bagaian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dimana civitas akademika yang merupakan kembali kemasyarakat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dengan ilmu yang dimilikinya. Kegiatan ini semoga bisa menginspirasi kaum muda dan nantinya akan terlahir apoteker yang merupakan anak nagari Sungai Nyalo.

Dekan Unisulla, Dr. apt. Rina Wijayanti MSc dalam sambutannya menyampaikan bahwa Nagari Sungai Nyalo sangat luar biasa alam dan penduduknya. Ketua Bamus. M. Sudion sebagai perwakilan dari wali nagari menyatakan sangat bahagia menerima kunjugan dari Farmasi Unand dan Farmasi Unisula. Ia juga menyampaikan bahwa ilmu yang bermanfaat yang disampaikan oleh bapak/ibu dosen akan menjadi amal jariyah nantinya.

Materi terkait obat herbal dan obat bahan alam Indonesia disampaikan oleh nara sumber Prof. Dr. apt. Elidahanum Husni, MSi (dosen bidang ilmu Biologi Farmasi) serta apt. Desi Eka Putri, MFarm (mahasiswa program studi S3). Sedangkan Tim Unisula yang diwakili oleh Kaprodi dan sekprodi S1 Farmasi Unisula menyampaikan tentang Tata Cara Penggunaan Obat di Bulan Puasa. Diskusi dan tanya jawab dimoderatori oleh Dr. apt. Syofyan, MFarm.
Kegiatan ini diakhiri dengan makan siang bersama.