Admin Farmasi

Admin Farmasi

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
05 April 2019

 

Padang (Unand) – Dalam rangka memperingati lustrum yang ke 11 (1964-2019) Fakultas Farmasi Universitas Andalas mengelar Seminar Nasional Perkembangan Terkini Sains Farmasi dan Klinis ke 8 serta Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia ke 56 yang diadakan selama dua hari yaitu dari tanggal 4-5 April 2019 di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

“Seminar ini merupakan penggabungan dua seminar nasional dari fakultas farmasi dan Kelompok Kerja Nasional Tumbuhan Obat Indonesia (Pokjans TOI) yang sekaligus merupakan rangkaian acara lustrum Fakultas Farmasi,” ungkap ketua pelaksana Dr. Friadi, Apt.

Ditambahkannya sekaligus juga didekasikan untuk 2 orang civitas akademika yang akan memasuki masa purnabakti yaitu Prof. Dr. Amri Bakhtiar, MS, DESS, Apt dan Prof. Dr. Adek Zamrud Adnan, MS, Apt.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam kegiatan ini panitia sudah menerima hampir 100 judul penelitian yang akan dipresentasikan baik secara oral maupun poster.

Disamping itu, ia mengungkapkan seminar ini menghadirkan pembicara yaitu dr. Ina Rosalina Dadan Sp (K), MKES (Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI), Mariyatul Qibtiyah, Apt (RSUD Dr Soetomo), Prof. Dr. Irmanida Batubara, MSI (Institut Pertanian Bogor), Ir. Indra Kusuma (Pakar Minyak Atsiri), Dr. Nurainas (Unand), Prof. Dr. Amri Bakhtiar, Apt (Unand), Prof. Dr. Adek Zambud Adnan, Apt (Unand) dan Feri Agustian (Dewan Atsiri Indonesia).

Ia merasa bahagia karena tingginya minat partisipasi dari para peneliti se Indonesia yang berasal dari 20 Institusi tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Prof. Dr. Fatma Sri Wahyuni, Apt mengungkapkan seminar ini juga menfasilitasi apoteker/calon apoteker dan para peneliti tanaman obat serta praktisi agar dapat mengetahui dan meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan ilmu farmasi baik sains maupun klinis, maka Fakultas Farmasi Universitas Andalas bekerja sama dengan POKJANS TOI menyelenggarakan seminar nasional dan workshop dengan topik tentang “PERKEMBANGAN TERKINI SAINS FARMASI & KLINIK VIII dan TUMBUHAN OBAT INDONESIA ke-56”.  

Kegiatan ini mengusung tema Penggalian, Pelestarian dan Pemanfaatan Berkelanjutan Tumbuhan Obat Indonesia, Kajian Tumbuhan Nilam (Pogestemoncablin (blanco) Benth.) dan jeruk-jerukan (Citrus Spp).

Senada dengan itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Dachriyanus, Apt mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan seminar nasional perkembangan terkini sains dan farmasi klinis yang ke 8 dan seminar nasional tumbuhan obat indonesia yang 56.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkini tentang perkembangan ilmu farmasi baik sains, riset maupun klinis dan menyediakan wadah bagi para praktisi farmasi, dosen, peneliti, dunia industri dan mahasiswa untuk saling berintegrasi dan bekerja sama.

Ia juga mengatakan tahun ini Universitas Andalas akan memiliki Teaching Industry dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Diungkapkanya teaching industry ini mengenai gambir dan sangat berkaitan erat dengan bidang farmasi.

“Teaching industry ini merupakan jembatan bagi universitas dengan dunia usaha,” jelasnya.

Menurutnya, tidak banyak perguruan tinggi yang mendapat fasilitas ini dan berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya khususnya farmasi dan Universitas Andalas pada umumnya.

“Dimana sebelumnya Universitas Gajah Mada telah memperoleh Teaching Industry dari Kemenristekdikti mengenai penggolahan biji kakao menjadi coklat yang dikomsumsi,” sambungnya.(*)

 

Humas dan Protokol Unand

 

Sumber 

27 Maret 2019

Jakarta, Penandatangan perjanjian kerja sama dan kontrak kerja swakelola dalam rangka fasilitasi pengembangan dan peningkatan kapasitas produksi bahan baku obat dan bahan baku obat tradisional, bertempat Gedung dr. Adhyatma,MPH Kemenkes RI (26/03/2019)

Acara dibuka dengan laporan ketua panitia oleh direktur  produksi dan distribusi kefarmaisian Kementrian Kesehatan Rebuplik Indonesia (Kemenkes RI) Kata sambutan oleh ibu Dirjen Lefarmasian dan alkes: Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt

Dalam Acara penandatangan ini 6 perguruan tinggi negri, (Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Padjajaran (UNPAD) Universitas Andalas (UNAND), Universitas Gadjah Mada (UGM))  dan 2 institusi penelitian, (LIPI, BPPT) menandatangani perjanjian kerjasama mengenai peningkatan Produksi bahan baku obat tradisional dengan Distribusi Kefarmasian Kemenkes RI.

Adapun kegiatan pada acara ini yaitu penandatanganan kesepahaman (MoU), penandatanganan perjanjian kerjasama, dan penandatangan kontrak kerja swakelola, dalam hal ini Universitas andalas diwakili oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas, Prof. Dr. Fatma Sriwahyuni, S.Si., Apt. dan Kemenkes RI diwakili oleh Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian Kemenkes RI.

 

23 Maret 2019

Padang - Pertemuan antara Dekan wakil Dekan dengan Ketua beserta Alumni Fakultas Farmasi Universitas Andalas, pada Juma't 22 Maret 2019 bertempat di Ruangan Akreditasi Gedung Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

Kegiatan ini diadakan untuk mempersiapkan Lustrum dan Reuni Akbar pada bulan September 2019, rincian tentang Acara Lustrum dan Reuni Akbar disampaikan melalui proposal yang berisikan susunan kegiatan, rencana anggaran pembiayaan, dan kepanitiaan yang diserahkan oleh ikatan Alumni Fakultas Farmasi Kepada Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

mengenai Lustrum dan Reuni Akbar, Dekan menyarankan untuk mengundang Alumni - alumni Fakultas Farmasi sebagai pembicara dengan membagikan pengalamannya, beliau juga menyampaikan untuk mengundang lulusan Fakultas Farmasi yang baru lulus (Fresh Graduate) agar dapat berpartisipasi pada reuni kali ini, dan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenal dan menjalin relasi dengan Alumni - alumni yang lebih duluan lulus dari mereka.

pada kesempatan kali ini ketua alumni beserta Dekan dan wakil Dekan juga membicarakan tentang pembentukan koperasi Alumni, dan pembentukan cafe serta toserba dilingkungan Fakultas Farmasi Universitas Andalas. 

23 Maret 2019

Padang 22 Maret 2019 (UNAND) - PT Kimia Farma kembali mengadakan rekrutment tenaga apoteker dan kefarmasian di Fakultas Farmasi Universitas Andalas, rekrutmen merupakan salah satu bentuk kerjasama Fakultas Farmasi UNAND dengan Pt. Kimia Farma Tbk.

Pendaftaran dan seleksi administrasi dimulai semenjak tanggal 15 februari 2019 - 28 Februari 2019, peserta yang lulus tahap satu akan mengikuti seleksi tahap ke - 2 yaitu psikotes secara online pada tanggal 3 - 7 Maret 2019, pada tahap ke 3 pesreta yang lulus mengikuti wawancara lansung bertempat di Gedung Fakultas Farmasi UNAND lantai 3.

Wawancara dimulai pada pukul 08.00 wib dengan pembukaan dan pemaparan visi, misi, tujuan serta lingkungan kerja di PT. Kimia Farma, dan diakhiri dengan wawancara satu persatu. Rekrutmen ini merupakan bagian dari rangkaian kerjasama Fakultas Farmasi Universitas Andalas dengan PT. Kimia Farma Tbk, kegiatan ini diadakan rutin setiap tahunnya.