Fakultas Farmasi Universitas Andalas Ikut berperan dalam Kegiatan The 2nd International Summer School 2021 APTFI

16 September 2021

Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) atau Association of Indonesian Pharmacy Higher Education (AIPHE) Regional I (Sumatera) telah menyelenggarakan kegiatan The 2nd International Summer School 2021. Kegiatan tersebut mengangkat Tema Utilization of Sumatera Native Plants as Immunomodulators pada tanggal 23 – 26 Agustus 2021 secara daring melalui media zoom dan disiarkan secara langsung melalui platform Kanal Digital APTFI.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Farmasi baik dari dalam dan luar negeri. Acara ini diikuti oleh 3369 peserta dari 16 negara antara lain Bosnia Herzegovina, Brazil, Democratic Republic of Congo, East Timor, Egypt, Guatemala, Hungary, India, Indonesia, Iran, Iraq, Laos, Malaysia, Philippines, dan Vietnam.

Fakultas Farmasi Universitas Andalas berperan sebagai host pada hari pertama 23 Agustus 2021 dan bertanggung jawab memandu acara pembukaan The 2nd AIPHE International Summer School 2021. Kegiatan diawali oleh pembukaan MC, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya, sebagai pembukaan formal acara.

 Kata sambutan diberikan oleh ketua The 2nd AIPHE Summer School 2021 apt. Khairunnisa, S.Si., M.Pharm., Ph.D (Dekan Fakultas Farmasi USU)

 

Kemudian dilanjutkan pembukaan oleh ketua AIPHE Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc.

 

Sebelum lanjut ke plenary lecture acara dilanjutkan dengan pemutaran video Tari Rantak dari mahasiswa klub sedatif Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

 

Selanjutnya MC mengumumkan terkait  peraturan kegiatan dari panitia dan kriteria peserta terbaik serta memandu peserta untuk mengerjakan pretest selama 10 menit.

Acara  dilanjutkan dengan Plenary lecture 1 dengan topik “The potential role of Sumateran Traditional medicine as complementary therapy in the treatment of COVID-19” oleh Pembicara Prof. apt. Dachriyanus Ph.D (Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Andalas) yang dipandu oleh moderator apt. Annisa Fauzana, M.Farm.

 

Untuk mengenalkan Universitas Andalas kepada participant, diakhir pemaparan topik 1 partisipant diajak untuk menyimak pemutaran video profil Universitas Andalas, video profil Fakultas Farmasi UNAND dan video profil RS UNAND.

Sebagai penutup partisipan juga dihibur  dengan pemutaran video Tari Indang dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

 

Plenary lecture 2 dengan topik “Plants Polyphenol on Immune Function” disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Deddi Prima Putra (Guru besar Bidang Biologi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Andalas) yang dipandu oleh moderator apt. Nova Syafni, M.Farm, Ph.D.

 

Di akhir pemaparan dilakukan  sesi Tanya jawab (Q n A). Antusias peserta terhadap topik yang disampaikan oleh ke dua narasumber sangat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh partisipan. Kedua pemateri diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan selama kurang lebih 40 menit. Sebagai ungkapan penghargaan, diakhir plenary dilakukan penyerahan sertifikat untuk narasumber dan moderator. Kegiatan hari pertama The 2nd AIPHE Summer School 2021 ditutup oleh MC dengan memutarkan video profil Sumatera Barat.

Selanjutnya kegiatan di hari kedua pada tanggal 24 Agustus 2021 Universitas Syiah Kuala berperan menjadi host acara. Pada tanggal 25 Agustus 2021 yang menjadi host adalah Universitas Baiturrahmah kemudian pada hari terakhir yaitu pada tanggal  26 Agustus 2021 yang berperan menjadi host adalah Universitas Sumatera Utara.

Pada hari terakhir tersebut juga diumumkan pemenang The best participant dan The best performance bagi peserta.

The Best Performances ditentukan dari kehadiran serta keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan, diberikan kepada:

  1. Nur Fatimah (Universitas Muslim Nussantara Al Washliyah Medan)
  2. Naura Azka Tsaniya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
  3. Azizah Indah Setiowati (Universitas Binawan)

The Best Participants ditentukan dari hasil post test peserta dengan submit tercepat diberikan kepada:

  1. Annisa Berliana Dewi (Universitas Muhammadiyah Malang)
  2. Tiara Parmayani (Universitas Jendral Achmad Yani)
  3. Teo Yi Ying (Universiti Kebangsaan Malaysia)

Akhirnya seluruh rangkaian kegiatan The 2nd International Summer School yang berlangsung selama 4 hari berjalan dengan lancar dan sukses.

Kegiatan ini ditutup oleh Koordinator APTFI Regional I (Sumatera) Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D

 

Para peserta langsung dapat mendownload sertifikat melalui Kanal Digital APTFI setelah kegiatan selesai.

Koordinator APTFI Regional I (Sumatera) mengucapkan terima kasih atas dukungan ISMAFARSI yang telah membantu menjangkau komunitas internasional mahasiswa farmasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dalam pidato penutupannya beliau juga menjelaskan tujuan kegiatan summerschool ini untuk mempererat persahabatan dan memperkuat kerja sama untuk mendorong penemuan dan pengembangan obat baru dari tumbuhan obat tradisional, dalam rangka menyelesaikan tantangan kesehatan saat ini dan ke depannya. Melalui seni, budaya, pariwisata, dan kunjungan kampus selama summer school, seluruh partisipan dapat menjelajahi pesona Sumatra dan kampus-kampus yang telah menjadi tuan rumah pada acara ini, dimana alam dan manusia berdampingan dalam harmoni, dan budaya tradisional bertemu dengan karya ilmiah.

Kegiatan Summer school akan terus berlanjut setiap tahun, bagi teman-teman yang belum pernah mengikutinya semoga dapat berjumpa di kegiatan summer school berikutnya

Read 108 times Last modified on Jumat, 17 September 2021 18:43