Bayi Muka Merah?

ANDA BERTANYA, APOTEKER MENJAWAB

Diasuh oleh para Apoteker Dosen Fakultas Farmasi Unand

Bayi Muka Merah?

Pertanyaan:

Assalamualikum, WW. Bapak Apoteker, saya seorang ibu Muda beralamat di Pekan Baru. Saya mempunyai anak pertama bayi laki-laki berusia 6 bulan. Setelah beberapa hari masuk penitipan bayi muka bayi saya menjadi merah-merah, dan tampaknya tidak gatal. Apa penyakitnya dan apa pula penyebabnya? Apakah bisa menular dari orang lain. Setelah berobat ke dokter, Bayi saya diberi resep. Karena buru-buru mau berbuka, saya tidak menebus resep di apotek di tempat mana dokter tersebut berpraktek. Resep saya coba tebus di beberapa apotek lain yang berdekatan dengan tempat tinggal kami. Semua asisten apoteker/petugas apotek tersebut tidak bisa membaca resepnya. Kenapa pula resep tidak bisa dibaca oleh pihak apotek (apoteker/asisten apoteker)? Besoknya kami terpaksa kembali ke apotek tempat dokter tersebut berpraktek. Kami diberi obat, tetapi resepnya dikembalikan dengan ditulis det pada nama obatnya. Mohon penjelasannya Pak. Terima kasih. Wassalam. Vian (25 tahun).

Jawaban:

Ibu Vian. Muka bayi merah merupakan satu gejala gangguan atau kelainan kulit. Ada beberapa kemungkinan penyebab kulit muka bayi menjadi merah. Kulit bayi sangat sensitif. Keadaan demikian dengan adanya iritan (bahan yang dapat menyebabkan iritasi) bisa menimbulkan kemerahan. Beberapa bahan yang dapat menimbulkan iritasi antara lain adalah deterjen, sabun, bedak tertent

Demikianlah jawaban kami semoga bermanfaat. Syarat dan ketentuan berlaku seperti yang tercantum dalam artikel ABAM sebelumnya. Terima kasih. Dr. Muslim Suardi, MSi., Apt.

Read 237 times