Workshop Program Studi Sarjana Farmasi Dalam Meningkatkan Peran Penasehat Akademik

11 November 2023

Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Andalas, pada Sabtu 11 November 2023 mengadakan Workshop Optimalisasi Peran Penasehat Akademik Dalam Menunjang Kesuksesan Mahasiswa. Acara yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri Padang ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pencerahan kepada dosen-dosen Penasehat Akademik di Lingkungan Prodi Sarjana Farmasi terkait Tugas dan Perannya dalam  menunjang kesuksesan mahasiswa baik kesuksesan  akademik, kesuksesan perencanaan karier dan kesuksesan sosial kemasyarakatan


Workshop dibuka  oleh Dekan Fakultas  Farmasi; Prof. apt, Fatma Sri Wahyuni, PhD dan dihadiri oleh Seluruh dosen Fakultas Farmasi UNAND. Sebagai Nara Sumber, hadir Bapak Muhammad Iqbal, S.Psi., M.Sc., Ph.D. (Dosen tetap Program Studi Psikologi Universitas Paramadina) dan Ibu Prof.apt. Henny Lucida. PhD (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Andalas).

Pada sesi pertama  Bapak Muhammad Iqbal, S.Psi., M.Sc., Ph.D. memberikan materi tentang Peran Penasehat Akademik dalam Menjaga Kesehatan Mental Mahasiswa. Kesehatan mental menjadi penting bagi mahasiswa untuk bisa beradaptasi dengan beban tugas dan beradaptasi dengan lingkungan kampus. Penasehat akademik sangat diharapkan peran aktifnya dalam pembimbingan mahasiswa sehingga dapat  mendeteksi secara dini permasalahan mental yang mungkin dialami mahasiswa yang  bisa menjadi penghambat kesuksesan mahasiswa.

Dari Prof Henny  (pemateri ke -2) Bapak/Ibu penasehat akademik diingatkan  lagi terkait peran dan Fungsi Pensasehat Akademik dalam penjaminan mutu pelaksanaan Pendidikan di perguruan Tinggi. Dalam penyempaiannya, Ibu ketua Lembaga Penjaminan Mutu UNAND mengatakan bahwa “Penasehat Akademik memiliki peran penting dalam membantu mahasiswa dalam merencanakan studi”. Itulah sebabnya PA harus memberikan pelayanan optimal terutama dalam membantu menyelesaikan masalah-masalah yang dialami mahasiswa baik akademik maupun nonakademik agar mahasiswa mampu mewujudkan cita-cita selama mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di Program Sarjana Farmasi.

Read 344 times Last modified on Rabu, 22 November 2023 07:15