10 Januari 2024

Berdasarkan Hasil Administrasi Penerimaan Mahasiswa Apoteker Baru Angkatan II tahun 2023/2024 yang dilakukan oleh panitia, maka Dekan Fakultas Farmasi Universitas Andalas menetapkan nama-nama calon mahasiswa Apoteker di bawah ini, yang dapat mengikuti tes wawancara dan Ujian seleksi berbasis komputer (CBT).

 

 

21 November 2023

Pada tanggal 17-19 November 2023 bertempat di Hotel Rocky Bukittinggi diadakan Workshop Evaluasi dan Revisi Kurikulum Prodi Sarjana Farmasi dan Profesi Apoteker yang dihadiri oleh semua Dosen Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian evaluasi kurikulum yang direncanakan mulai digunakan pada tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Pembawa acara, Ibu Dr. apt. Dwisari Dillasamola, M.Farm dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Farmasi, Ibu Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D.

Tahap awal kegiatan workshop ini adalah pemaparan draf rancangan kurikulum yang sebelumnya telah disusun oleh tim kurikulum yang diketuai oleh Bapak Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si dengan mempertimbangkan masukan dan saran pada kegiatan Focus Group Discussion yang telah dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2023. Pemaparan ini disampaikan oleh Ketua Prodi Sarjana, Ibu Dr. apt. Meri Susanti, M. Farm dan Ketua Prodi Profesi Apoteker Ibu apt. Dita Permatasari, M. Farm. Draf rancanagan yang dipaparkan meliputi Visi, Misi, Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan serta bahan kajian.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dengan semua Dosen Fakultas Farmasi. Diskusi ini berlangsung dengan hangat terlihat melalui semangat dan antusias dosen dalam memberikan saran dan perbaikan untuk penyempurnaan draf yang ada.

 Untuk menambah informasi dan pandangan dalam penyusunan kurikulum ini pada kegiatan ini juga dihadirkan narasumber sekaligus fasilitator selama kegiatan berlangsung. Narasumber yang diundang adalah Bapak Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si, dari Universitas Islam Indonesia yang merupakan Ketua Asosiasi Pergiruan Tinggi Farmasi Indonesia sekaligus Alumni dari Farmasi Universitas Andalas. Prof. Yandi memberikan langkah-langkah dan arahan dalam menata kurikulum yang sinkron antara Program sarjana dan Profesi Apoteker. Diskusi dengan narasumber juga berlangsung hangat dan dimoderatori oleh Bapak Dr. apt. Syofyan, M. Farm.

Diskusi dan pembahasan dilanjutkan pada tingkat Departemen di Fakultas Farmasi Universitas Andalas, setiap departemen mengidentifikasi semua standar kompetensi yang sudah ditetapkan dalam Standar Kompetensi Apoteker Indonesia Tahun 2023 dan memetakannya.

 

Kegiatan diakhir dengan pemaparan kesimpulan berupa Visi, misi, Profil Lulusan, dan Capaian Pembelajaran Lulusan yang sudah dirumuskan bersama serta tindak lanjut yang akan dilakukan dalam tiga bulan kedepan sebelum dilakukan finalisasi kurikulum.

15 November 2023

Rabu , 15 Novemberi 2023 Fakultas Farmasi Universitas Andalas (UNAND) Menerima Kunjungan Benchmarking Dari Fakultas Farmasi Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang. Pada Kujungan Ini, Fakultas Farmasi UNAND Memaparkan  Kurikulum Program Studi Magister Dan Doktor  Yang Dipakai Di Program Pasca Sarjana. Dekan Farmasi UNAND (Prof. Apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D) Juga Menjelaskan Tentang Persiapan Dan Hal-Hal Yang Perlu Disiapkan Dalam Pendirian Program Studi Magister Baru.

Kegiatan Ini Diselenggarakan Di Ruang Seminar Pasca Sarjana Dipandu Oleh Apt, Dita Permatasari Selaku Kaprodi Profesi Apoteker. Acara Diawali Dengan Sambutan Oleh Dekan Fakultas Farmasi UNAND Dilanjutkan Dengan Sepatah Kata Dan Perkenalan Oleh Dekan Fakultas Farmasi UNISULA; DR Apt. Rina Wijayanti, M.  Kedua Belah Pihak Juga Melakukan Perumusan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Untuk Kemudian Ditindaklanjuti Oleh Masing-Masing Penanggung Jawab Kerjasama Dari Ke Dua Perguruan Tinggi. Di Akhir Sambutannya, Dekan UNISULA Berharap Agar Kegiatan Ini Terus Berlanjut Dan Bermanfaat Bagi Kedua Belah Pihak.  Acara Diakhiri Dengan Sesi Foto Bersama.